Antar PSM Makassar Juara Liga Indonesia, Henk Wullems Tutup Usia

Advertisement

MAKASSAR||Legion News – Pelatih asal Belanda yang pernah menangani tim nasional Indonesia, Henk Wullems, meninggal dunia pada Sabtu (15/8/2020) lalu. Ia wafat dalam usia 84 tahun dan akan dikremasi di Tilburg, Belanda pada Sabtu mendatang.

Henk Wullems pernah mengarungi satu musim penuh dengan PSM Makassar di tahun 1999/2000, tangan dinginnya PSM Makassar meraih juara di Liga Indonesia musim itu kemudian akhirnya hengkang, meskipun berstatus sebagai Technical Director di PSM Makassar, perannya ternyata punya perubahan penting bagi skuad PSM Juku Eja.

Selain sukses menangani PSM Makassar, Henk Wullems juga pernah menangani Club Bandung Raya, Salah satu mantan pemain Bandung Raya Budiman mengatakan, “Saya tahu kabar Henk Wullems meninggal tadi malam dari grup pelatih. Tentu kaget juga karena saya dan teman-teman di Bandung Raya saat itu sangat dekat dengan beliau. Selamat jalan coach,” ujar Budiman saat dihubungi, Rabu (19/8/2020)

Advertisement

Sosok Henk Wullems tidak akan pernah terlupakan oleh asisten pelatih Persib Bandung, Budiman. Atas jasanya semasa hidup, Budiman sukses menembus skuat Timnas Indonesia pada 1996.

Budiman mengaku kaget saat tahu kabar Henk Wullems meninggal dunia kemarin malam.

Diakui Budiman, sosok Henk Wullems merupakan pelatih yang kebapak-bapakan, pelatih yang sederhana, baik saat di lapangan maupun di luar lapangan, namun tetap tegas saat menjalani rutinitas kepelatihan.

“Materi latihan juga sangat sederhana, jadi semua pemain bisa mengerti. Hebatnya lagi dia sangat dekat sama pemain dan tahu karakter individu pemain,” kata Budiman.

“Saya tidak akan pernah lupa sama dia karena coach Henk Wullems lah saya dipanggil Timnas Indonesia tahun 1996 buat kejuaraaan Piala Tiger ( AFF ) pertama di Singapura,” tambah Budiman.

Menurut Budiman, kenangan yang tidak akan pernah dilupakan sama Henk Wullems lainnya yaitu juara Liga Indonesia tahun 1996.

Tidak sampai situ, setelah sukses namun akhirnya dipecat dari bangku kepelatihan merah putih, Wullems masih tetap mau berkarir di Indonesia dengan menyetujui permintaan pihak manajemen klub yang berjuluk Juku Eja, PSM Makassar.

Tidak ada penjelasan resmi mengenai sejak kapan Wullems mulai menderita stroke tersebut.

Berdasarkan informasi alodokter, stroke infark atau infark serebral adalah kondisi ketika aliran darah di otak terhambat, sehingga menyebabkan kerusakan jaringan otak. (**)

Advertisement