Andi Muzakkir Akil Menghadiri Tudang Sipulung Lembaga Adat Addatuang Tempe di Wajo

FOTO: Andi Muzakkir Aqil menghadiri acara
FOTO: Andi Muzakkir Aqil menghadiri acara "Tudang Sipulung" yang diadakan oleh Keluarga Besar Addatuang Tempe. Sabtu (21/1/2023)

WAJO – Andi Muzakkir Aqil kembali menyapa dan menemui Konstituen di Kota Sutra, yakni Kota Sengkang di Kabupaten Wajo. Kali ini Andi Muzakkir Aqil menghadiri acara “Tudang Sipulung” yang diadakan oleh Keluarga Besar Addatuang Tempe. Sabtu (21/1/2023), yang merupakan salah satu lembaga adat yang diakui di kabupaten Wajo dan Sulsel secara umum.

Ketua Lembaga Adat Addatuang Tempe yang dipimpin oleh Datu Mulyadi dalam wawancara dengan awak media mengatakan bahwa Lembaga adat Addatuang Tempe adalah lembaga budaya yang mewarisi adat istiadat dari masyarakat Addatuang Tempe di masa lalu, dan sekarang diteruskan oleh anak cucunya, yang tersebar di banyak daerah di Indonesia, tetapi tetap mayoritas bermukim di Kota sengkang.

FOTO: Andi Muzakkir Aqil menghadiri acara "Tudang Sipulung" yang diadakan oleh Keluarga Besar Addatuang Tempe. Sabtu (21/1/2023)
FOTO: Andi Muzakkir Aqil menghadiri acara “Tudang Sipulung” yang diadakan oleh Keluarga Besar Addatuang Tempe. Sabtu (21/1/2023)

“Addatuang Tempe itu mewarisi budaya leluhur kita. Hari ini saya sengaja mengundang Andi Muzakkir Aqil sebagai salah seorang tokoh yang dianggap jadi bagian dari keluarga besar Addatuang Tempe dan secara umum menjadi keluarga besar orang Wajo di perantauan,” tutur Datu Mulyadi.

“Sebenarnya acara malam ini adalah momentum silaturahmi antar keluarga besar, sekaligus membicarakan Kelembagaan Budaya secara organisasi, agar supaya lembaga adat Addatuang Tempe bisa kukuh sebagai organisasi Paguyuban yang solid,” lanjut Datu Mulyadi.

Advertisement

Ditempat yang sama Andi Muzakkir Akil pun menyampaikan Dirinya dan seluruh masyarakat Wajo senantiasa menghormati, menjunjung, dan melindungi semua lembaga adat.

“Sudah menjadi kewajiban kita semua menjaga, melanjutkan adat istiadat kita seperti Tudang Sipulung ini,” ujar Andi Muzakkir.

“Kita ini merupakan pewaris dari nilai luhur, dari budaya kita sendiri, kalau bukan kita yang mewarisi dan meneruskan, siapa lagi?” tanya Andi Muzakkir.

Ketua Alumni UMI Jabodetabek, yang juga calon legislatif DPR RI dari Dapil 2 Sulsel menyampaikan sangat berbahagia sangat senang dan bahagia bisa diundang oleh datu Mulyadi sebagai ketua adat kedatuan Tempe.

“Kita tahu bersama, secara kultur dan historis addatuang tempe cukup berakar di Wajo, dan kita berharap lembaga lembaga adat yang lain di Kabupaten Wajo bisa terbina, dan terlindungi dengan baik,” imbuhnya.

Saat ditanya keseriusan maju dalam pemilu 2024 mendatang, Andi Muzakkir Akil hanya tersenyum sumringah. Insyaallah adinda, doakan saja ya,” singkatnya. (**)

Advertisement