Adnan YL Tak Hadiri Musda Golkar Gowa, Menakar Kekuatan Adnan YL Versus TP di Pilgub 2024

Kiri Taufan Pawe, Kanan Adnan YL
Advertisement

MAKASSAR||Legion-news.com Musyawarah daerah (Musda) ke X DPD II partai Golkar Gowa berlangsung di Hotel Grand Town Jl Pengayoman Kota Makassar pukul 10:00 WITA, Sabtu (5/6/2021) pagi.

Musda yang sedianya dihadiri Dewan pembina partai politik di daerah yang juga kader partai Golkar, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, tidak hadir saat pembukaan Musyawarah Daerah X Partai Golkar Kabupaten Gowa.

Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel, Taufan Pawe, Saat membuka Musyawarah daerah (Musda) ke X DPD II partai Golkar Gowa berlangsung di Hotel Grand Town Jl Pengayoman Kota Makassar pukul 10:00 WITA, Sabtu (5/6/2021) pagi.

Adnan hanya mengutus Wakil bupati Gowa diwakili Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni Karaeng Kio.

Wakil bupati Gowa ini menyampaikan permohonan maaf sedianya beliau (Adnan Purichta Ichsan) yang hadir, tapi ada keperluan sehingga mengamanahkan kepada saya,” ungkap Karaeng Kio dalam sambutannya.

Advertisement

Ambas Syam terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Golkar kabupaten Gowa, Walaupun tidak di hadiri delapan pemilik suara syah.

“Ada delapan Pemilik suara tidak hadir, namun proses kusfa tetap berjalan lantaran sudah melebihi 50 plus 1 suara yang hadir, atau sudah Corum,” Kata Imran Eka Salah satu pimpinan sidang musda Golkar Gowa

Pengamat Politik Arief Wicaksono saat dihubungi awak media memgatakan, Ketidakhadiran Adnan YL di Musda Golkar Gowa relatif tidak ada pengaruhnya dengan kemungkinan rivalitas masa depannya dengan Taufan Pawe ( TP).

Menurutnya, Adnan-Kio di Gowa secara politik diusung oleh Golkar. Terlebih lagi, Golkar juga masih tetap mendapatkan keuntungan politik melalui kursi parlemen.

Dekan Fisip Unibos ini menambahkan, Mungkin saja Adnan tidak hadir karena alasan pribadi atau keluarga, sehingga kemudian masih sempat mengutus Wabup untuk hadir di Musda tersebut.

Soal Pincam yang tidak hadir, itu akan menjadi urusan internal Golkar Gowa, disana pasti ada mekanisme organisasi yang akan merespon ketidakhadiran Pincam-Pincam itu, ujar Arief.

Saat Pilkada 2020 lalu Adnan Purichta Ichsan merupakan calon Bupati pendulang suara tertinggi saat Pilkada 2020 lalu. Keponakan dari Mentan Syahrul Yasin Limpo ini mematahkan rekor kemenangan Nurdin Abdullah saat memenangi Pilkada Bantaeng 2013. Adnan-Kio tercatat meraih perolehan 377.463 suara atau 91,22 persen.

Sedangkan kolom kosong sebesar 36.325 suara atau 8,78 persen. Adapun suara sah tercatat 413.788 sedangkan suara tidak sah 5.816.

Bagaimana dengan ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi-Selatan Taufan Pawe?

Dalam pleno rekapitulasi perhitungan suara dan penetapan hasil Pilgub Sulsel dan Pilkada di KPU Parepare, Rabu, 4 Juli 2018, TP meraih total suara 39.966 (51,2 persen), Jumlah suara sah sebanyak 78.074 dan jumlah suara tidak sah 845.

TP hanya unggul tipis dengan selisih perolehan 1.858 suara atau (2,38 persen).

Secara kekuatan politik Adnan YL unggul dari Ketua DPD I partai Golkar Sulawesi Selatan. (Let)

Advertisement