Karang Taruna Batulappa dan GEPBUL Gelar Dialog dan Bazar di Bone

Foto bersama ketua karang taruna kecamatan Patimpeng, Ketua Karang Taruna Desa Pationgi, Penasehat GEPBUL Dan kameja putih ketua karang Taruna Desa Batulappa.
Foto bersama ketua karang taruna kecamatan Patimpeng, Ketua Karang Taruna Desa Pationgi, Penasehat GEPBUL Dan kameja putih ketua karang Taruna Desa Batulappa.

LEGION NEWS.COM, BONE – Bazar dan dialog kepemudaan Karang Taruna Desa Batulappa Kecamatan Patimpeng Dengan Tema Peran dan fungsi Pemuda dalam mewujdkan kesejahtraan sosial Masyarakat Desa, kegitan ini dilaksanakan pada Ahad Malam 13 Februari 2022 Cafe Ghurdies Jl. Andi Page Aming Desa Labuaja, Kecamatan Kahu.

Kegiatan ini di hadiri oleh berbagai kelopok kepemudaan yang ada di kecamatan Patimpeng dan kecamatan Kahu di antaranya, Pemuda Muhammadiyah, GEPBUL, Pengurus karang Taruna tingkat desa dan beberapa organisasi kepemudaan lainnya.

Ketua Karang taruna Desa Batulappa kecamtan Patimpeng Andi Sudirman berharap Potensi pemuda Batulappa kita akan konsisten untuk mengembangkan agar gerakan kepemuda dalam mewujudkan kesejahteraan sosial di desa bisa bergerak cepat dengan jalan terlibat aktif memberikan sumbangsi pemikiran, ide dan gagasan kepada pemerintah Desa sekaligus berperan aktif sebagai mitra pemerintah dalam melaksanakan program pengembangan sumber daya manusia, serta melaksanakan kontrol terhadap kebijakan pemerintah.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kecamatan Patimpeng, Andi Adhar, ST. menegaskan bahwa secara kelembagaan kita akan konsisten mengawal gerakan kepemudaan dan peran Karang Taruna dalam mewujudkan harapan masyarakat.

Advertisement

Pemuda punya kemampuan untuk melakukan hal yang terbaik dalam pembangunan desa, olehnya itu gerakan kepemudaan ini harus aktif dalam pembangunan desa serta membuka ruang komunikasi kepada semua elemen lembaga kepemudaan yang ada di kecamatan patimpeng termasuk teman kita dari Gerakan Pemuda Bulu Ulaweng (GEPBUL).

“Kita akan berkolaborasi dalam melaksanakan program pengembangan potensi pemuda, kalau perlu kita buat lembaga yang bisa menyatukan berbagai warna kepemudaan, karna perbedaan itu indah, semakin banyak warna semaki indah kita dalam berkolaborasi untuk pemuda hebat,” kata Andi Adhar. Senin, (14/2)

Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kecamatan Kahu Ahmad Zailan, dalam materinya menyampaikan bahawa Peran dan fungsi pemuda dalam konteks keislaman secara teoritis berkiblat dari peran Nabi SAW. “Saat masih menjadi pemuda, melakukan perenungan dan melahirkan gerakan profetik, tidak berpuas diri dalam melakukan gerakan perubahan yang luar biasa, hal demikian yang patut dicontoh teman-teman pemuda masa kini,” ujar Ahmad Zailan.

Melihat kompleksnya permasalahan saat ini dalam aspek sosial, ekonomi, politik dan keagamaan pemuda harus mengambil peran, utamanya dalam hal gerakan religius dimana harus dipahami bahwa pemuda hari ini mesti berkiblat pada pedoman-pedoman gerakan spiritualitas termasuk dalam hal muamalah duniawiyah segala aspek tersebut.

Dengan basis ideologis gerakan keagamaan yang kuat, pemuda diharapkan terlibat dan bergabung dengan organisasi kepemudaan baik dengan spirit gerakan keagamaan murni maupun organisasi sosial politik yang lainnya, tentu dengan tujuan berorientasi pada kekuasaan yang benar dalam menjalankan amanah kepemimpinannya,

Selain itu diharapkan proses massif nilai-nilai keagamaan dalam aspek ibadah dan muamalah duniawi agar menjadi dasar yang kuat untuk membentuk pribadi dan kelompok dalam tatanan masyarakat menuju kesejahteraan. (TW)

Advertisement