Bupati Andi Utta Kukuhkan Paskibraka Bulukumba

FOTO: Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf mengukuhkan 72 Pasukan Pengibar Bendera Duplikat Pusaka (Paskibraka) di halaman rumah jabatan (Rujab) Bupati Bulukumba, Kamis, 15 Agustus 2024.
FOTO: Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf mengukuhkan 72 Pasukan Pengibar Bendera Duplikat Pusaka (Paskibraka) di halaman rumah jabatan (Rujab) Bupati Bulukumba, Kamis, 15 Agustus 2024.

LEGIONNEWS.COM – BULUKUMBA, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf mengukuhkan 72 Pasukan Pengibar Bendera Duplikat Pusaka (Paskibraka) di halaman rumah jabatan (Rujab) Bupati Bulukumba, Kamis, 15 Agustus 2024. Pengukuhan ini pun, disaksikan langsung para orangtuanya.

Kepala Bidang Kesbang Badan Kesbangpol Bulukumba, Akhmad Rizal menyampaikan bahwa alur seleksi calon anggota Paskibraka beberapa waktu lalu benar-benar dilakukan secara transparan dan profesional tanpa ada intervensi dari pihak manapun.

Apalagi seleksi itu, katanya, langsung dilakukan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Dan pihak, Kesbangpol Bulukumba sisa mengumumkan hasilnya saja.

“Pemusatan di Hotel Agri Bulukumba. Latihannya di Lapangan Pemuda Bulukumba,” kata Ical sapaan akrabnya.

Advertisement

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menyampaikan selamat kepada anggota Paskibraka yang telah dikukuhkan. Ia menyebut anggota Paskibra nantinya akan melaksanakan tugas penting dan terhormat, yaitu mengibarkan Bendera Merah Putih pada Upacara Detik-Detik Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2024.

“Momentum ini menandai bahwa kalian adalah generasi muda Bulukumba yang terpilih untuk melaksanakan tugas yang mulia ini. Pengukuhan ini, tentu bukanlah sebuah proses yang biasa, akan tetapi momentum ini merupakan hasil dari proses seleksi dan hasil dari pelaksanaan bimbingan, pendidikan dan pelatihan yang telah dilakukan beberapa hari sebelumnya,” kata bupati yang akrab disapa Andi Utta.

Andi Utta mengemukakan, Paskibraka dipersiapkan menghadapi momentum peringatan HUT RI yang telah dibekali dengan prinsip-prinsip dasar dan nilai-nilai kepemimpinan, pola pikir serta sikap yang berorientasi pada kepentingan daerah, bangsa dan negara.

Idawati, ibunda dari anggota Paskibra Erwin Efendi mengaku senang bisa mengunjungi rumah jabatan Bupati Bulukumba. Ia sekaligus terharu menyaksikan pengukuhan tersebut.

“Kalau bukan karena anak, mungkin saya tidak menginjakkan kaki sini (di rumah jabatan Bupati Bulukumba),” ungkap Idawati.

Idawati mengaku sudah dua kali menginjakkan kaki di rumah jabatan Bupati Bulukumba. Kedatangannya yang pertama lima tahun silam dengan agenda yang sama.

“Alhamdulillah kakaknya juga Erwin purna Paskibra tahun 2019. Saat itu, saya juga datang ke tempat ini,” katanya.

“Semoga anak saya bisa menjalankan tugas ini dengan baik,” sambung Idawati penuh harap.

Akmal, orang tua dari anggota Paskibraka lainnya Naura Amalika ikut merasa bangga atas karena putrinya bisa mengemban tugas negara tersebut.

“Anak saya semangat sekali. Ini juga kebanggaan, karena tidak semua orang bisa mengemban amanah ini. Semoga ke depan bisa lebih mantap lagi,” imbuhnya.(*)

Advertisement