Bunda Baca Sosialisasi di Leang-Leang, Perkuat Literasi Budaya, Maros Semua Harus Bergerak

Bunda Baca Maros menyerahkan bantuan buku di Lorong Baca Leang-Leang didampingi Ketua Tim Literasi Kabupaten Maros BAK bersama Tim, Sabtu (19/2)
Bunda Baca Maros menyerahkan bantuan buku di Lorong Baca Leang-Leang didampingi Ketua Tim Literasi Kabupaten Maros BAK bersama Tim, Sabtu (19/2)

LEGION NEWS.COM, MAROS – Hj. Ulfiah Yusuf Chaidir melanjutkan Road Show Bunda Baca setelah melewati 11 Kecamatan di seluruh Kabupaten Maros.

Road Show Kali bertempat di salah satu ikon sejarah di Sulawesi yaitu Taman Sejarah Purbakala Leang-Leang, Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros.

Bunda Baca Hj. Ulfiah Yusuf Chaidir yang juga menjabat sebagai ketua Tim PKK Kab. Maros memberikan sosialisasi kepada bunda baca tingkat desa kelurahan dan Bunda Baca Kecamatan di Bantimurung.

Menurut Bunda Vivi sapaan akrabnya mengatakan bahwa kekuatan membaca bisa dimulai dalam lingkungan keluarga dan akan dimulai dari seorang ibu.

Advertisement

Sosok ibu memiliki kemampuan persuasif untuk mengendalikan kegiatan dalam keluarga. Salah satunya adalah budaya membaca. Sehingga menurut Ketua Ikatan Apeteker Indonesia (AIA) Kabupaten Maros itu, bahwa kekuatan membaca bisa dimulai dari rumah tangga.

Menariknya, kegiatan road show itu dikunjungi langsung oleh Bupati Maros, H.A.S Chaidir Syam. Menurut Chaidir Syam bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Bunda Baca ini merupakan salah satu indikator Maros menjadi kabupaten Literasi. Menurut Bupati Maros itu bahwa pemerintah melelalui TIm Pendamping Literasi Daerah (TPLD) untuk menegaskan bahwa kabupaten Maros betul serius untuk menjadikan Kabupaten literasi.

Selanjutnya Ketua Tim Pendamping Literasi Daerah (TPLD) Kab. Maros Bachtiar Adnan Kusuma mengatakan bahwa jejak literasi budaya ada di Taman Purbakala Leang-Leang. Menurut Ketua Harian DPD LPM Sulawesi Selatan ini maros sangat cocok memang dijadikan kabupaten literasi karena jejak sejarah tersebut.

Dalam kegiatan itu turut hadir juga Kepala Dinas Pemuda,Olahraga dan Pariwisata Ferdiansyah, Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Maros Irham Bijaksana, Sekretaris PKK Maros yang juga mantan Legislator DPRD Maros Hj. Fitriani, dan Juga Tokoh Pemuda Maros, Ahmad Takbir Abadi. (**)

 

Advertisement