Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Varian Omicron, Baik Gejala Ringan dan Berat

202
Ilustrasi Varian Omicron
Ilustrasi Varian Omicron
Advertisement

LEGION NEWS.COM – Ini yang harus kalian ketahui tentang varian Omicron tidak bisa dianggap sepele, meski sebagian besar gejala yang ditimbulkan tergolong ringan.

Dilansir dari University of California Davis Health, semua varian virus corona, termasuk Omicron, menyebabkan gejala yang sama.

Pasalnya, varian Omicron tetap bisa mengakibatkan gejala yang berat pada orang yang belum divaksinasi, lansia, dan orang dengan komorbid.

Selain itu, varian Omicron dapat menyebar lebih cepat daripada varian lainnya sehingga Omicron tetap harus diwaspadai.

Advertisement

“Ini mungkin termasuk batuk, demam, dan kelelahan,” kata Dean Blumberg dari Rumah Sakit Anak UC Davis.

Lorena Garcia, ahli epidemiologi dan profesor di Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, UC Davis, mencatat bahwa gejala Omicron hampir sama, tetapi pengalaman seseorang dapat sangat bervariasi, bergantung pada apakah mereka sudah divaksinasi.

“Pada mereka yang sudah divaksinasi, gejalanya cenderung ringan. Sebaliknya, jika seseorang belum divaksinasi, gejalanya bisa sangat parah, mengakibatkan rawat inap, atau bahkan kematian, ”kata Garcia.

Garcia menambahkan, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa lebih sedikit orang yang terinfeksi Omicron mengalami kehilangan rasa dan bau, yang merupakan gejala umum untuk varian sebelumnya.

Gejala ringan

Dilansir dari Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Omicron memicu gejala ringan seperti flu biasa, batuk, dan demam dengan tingkat penularan yang cepat.

Hal ini ditegaskan oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, yang mengatakan bahwa sebagian besar kasus Omicron adalah tanpa gejala atau asimtomatik dan gejala ringan.

Dilansir dari World Health Organization (WHO), beberapa gejala Covid-19 yang tergolong sedang dan sedikit tidak umum adalah:

  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Sakit dan nyeri
  • Diare
  • Ruam pada kulit atau perubahan warna pada jari tangan atau jari kakiata merah atau iritasi

Gejala berat

Adapun gejala berat Covid-19 merupakan gejala yang menyerang saluran pernapasan, seperti:

  • Kesulitan bernapas atau sesak napas
  • Kesulitan berbicara atau bergerak
  • Kebingungan
  • Nyeri dada. (LN/Kompas)

Advertisement