Viral Video Lantunan Adzan Disertai Gonggongan Anjing, Guntur Romli dan Ketum BMI Kecam Gus Nur

Hasil tangkap layar dari video viral Gus Nur di aplikasi Tiktok
Hasil tangkap layar dari video viral Gus Nur di aplikasi Tiktok

LEGION NEWS.COM – Video Gus Nur mengumandangkan adzan serta menirukan suara gonggongan anjing viral di aplikasi media sosial Tiktok. Akan hal itu menjadi perhatian Guntur Romli Melalui akun Twitternya, Politisi PSI ini membagikan cuplikan video Gus Nur yang berdurasi 51 detik.

Ia mengecam tindakan Gus Nur dalam video itu yang dianggap telah mempertontonkan pelecehan terhadap azan.

Awalnya, Guntur Romli membela Menag, dengan menyebut Menteri Yaqut Cholil Qoumas tidak sedang membandingkan azan dengan gonggongan anjing.

Tidak hanya Guntur Romli, Sikap protes terhadap video viral Gus Nur mendapat sorotan dari Ketua Umum Brigade Muslim Indonesia (BMI) Muhammad Zulkifli, ST., MM Minggu (27/2) di Makassar.

Advertisement

“Jika itu betul vidio Gus Nur maka BMI sangat mengecam tindakan bodoh yang diperlihatkan Gus Nur,” kata Zulkifli kepada awak media.

“Kami meminta Gus Nur segera minta maaf atas tindakan bodohnya itu. jika tidak maka saya meminta aparat untuk segera melakukan penyilidikan atas vidio dugaan penistaan agama yg di duga di lakukan oleh gusnur,” Kata Ketum BMII.

BACA JUGA: Libur Isra Miraj, Berbagai Jenis Kendaraan Padati Kawasan Puncak Bogor

Walaupun vidion ini mungkin di buat sebagai bentuk kritikan kepada menteri agama tetapi harusnya bisa lebih bijak dan tidak justru mempertontonkan tindakan buruk yang mempermaikan kalimat kalimat lantunan adzan dan membuat suasana makin gaduh..

“Ini juga harus menjadi contoh kepada semua publik figur supaya bisa memberi contoh baik dalam menyikapi sebuah konten vidio,” tutur Zulkifli.

“Sekali lagi saya meminta aparat untuk segera melakukan penyelidikan terhadap konten vidio di atas dan jika terdapat unsur pidana penistaan dan layak ditahan maka saya rasa aparat wajib melakukan penahanan,” katanya.

Melalui akun Twitternya, Guntur Romli membagikan cuplikan video Gus Nur yang berdurasi 51 detik. Ia mengecam tindakan Gus Nur dalam video itu yang dianggap telah mempertontonkan pelecehan terhadap azan.

Awalnya, Guntur Romli membela Menag, dengan menyebut Menteri Yaqut Cholil Qoumas tidak sedang membandingkan azan dengan gonggongan anjing

“Saya mengecam pelecehan Sugi Nur ini! Menteri Agama tidak sedang membandingkan azan dengan gonggongan anjing,” cuit Guntur sebagai keterangan Twitter seperti dikutip Suara.com, Jumat (25/2/2022).

Sebaliknya, pernyataan Gus Nur dalam akun YouTube-nya justru dianggap menjadi contoh pelecehan azan. Guntur pun menyebut contoh pelecehan itu bisa dilihat menit ke-12 video tersebut.

“Malah contoh yang ente pertontonkan ini merupakan bentuk pelecehan terhadp azan! Versi lengkap cek menit 12:00,” imbuh Guntur sambil membagikan link video Gus Nur.

Dalam video, Gus Nur mengkritik keras pernyataan Menag yang dinilai telah menistakan azan. Ia menyebut tidak mungkin satu kompleks dipenuhi dengan musholla, sehingga membuat suara azan terdengar begitu kencang.

“Melecehkan azan lagi, menistakan azan lagi ini kalau gini namanya. Ya opo, lagian mana ada tetangga kanan kiri depan belakang, musholla, musholla, mushollla,” kata Gus Nur.

Tak sampai di situ, Gus Nur juga mengumandangkan azan dalam video itu. Aksi Gus Nur itulah yang dikecam oleh Guntur Romli.

Pasalnya, Gus Nur mengumandangkan azan sambil menirukan suara gonggongan anjing. Awalnya ia menyuarakan azan, lalu mendadak menggantinya dengan suara menyerupai gonggongan anjing, dan kembali lagi melakukan azan.

Guntur Romli sontak menganggap tindakan Gus Nur itu sebagai bentuk pelecehan azan. Cuitannya yang mengkritik Gus Nur itu juga langsung mendapatkan atensi warganet.

Hingga berita ini dipublikasikan, kritikannya itu sedikitnya telah mendapatkan 160 retweet dan 300 tanda suka.

Warganet juga membanjiri kolom komentar dengan mendukung pernyataan Guntur Rombli. Sebagian besar warganet sepakat jika aksi Gus Nur dalam video itu telah melecehkan azan.

“Nah kalau yang ini jelas menistakan agama, azan langsung dicampur adukan dengan gonggongan anjing. Harus dikandangin ini orang,” komentar warganet.

“Nah loh, semoga pas malaikat lewat langsung dicatat. Tunggu tanggal mainnya mas Nur Sugi. Allah SWT mboten sare. Apa lagi pas ‘Ashaduallah ilahaillallah’, ya Allah gusti, mugi-mugi di ngapunten,” tulis warganet.

“Ini yang dinamakan betul-betul penista,” sahut warganet.

“Ini baru penistaan. Kandangi lagi, kalau bisa sekandang sama anjing beneran, herder atau pitbull,” tambah yang lain. “Ini menurut saya dah kategori pelecehan sejati,” kritik warganet. (LN/Suara)

Advertisement