TNI akan Evakuasi 1000 Pasien Korban Serangan Israel di Gaza

FOTO Ilustrasi: Tim medis TNI dari unsur mantra Angkatan Darat. (Properti Via Suara.com)
FOTO Ilustrasi: Tim medis TNI dari unsur mantra Angkatan Darat. (Properti Via Suara.com)
Advertisement

LEGIONNEWS.COM – JAKARTA, Terdapat 1.000 korban atas serangan Israel di Gaza, Palestina baru baru ini akan segera dikirim ke Indonesia.

Hal itu diungkapkan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto kepada media di Jakarta, Jumat (14/6).

Selain itu Agus menyebut rencananya TNI Akan menggunakan tiga pesawat yakni Boeing B-737 400/500 serta dua Hercules C-130 tipe H dan tipe J.

“Ya itu untuk evakuasi. Untuk evakuasi pasien dari Gaza dibawa ke Indonesia,” kata Agus, Jumat seperti diberitakan CNNindonesia.

Advertisement

Agus mengatakan TNI sudah menyiapkan dua rumah sakit untuk korban Gaza.

Pertama, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto. Kedua, Rumah Sakit Pangsar Soedirman Kementerian Pertahanan.

Di sisi lain, pemerintah Indonesia bersiap mengirimkan Pasukan Perdamaian ke Jalur Gaza, Palestina. Namun pemerintah masih menunggu keputusan dari Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Agus Subiyanto menyebut pasukan perdamaian yang membantu rakyat Palestina dari aksi genosida Israel itu dinamai Brigade Komposit yang terdiri dari Batalyon Support, Batalyon Kesehatan, Batalyon Zeni, dan Batalyon Perbekalan.

“Brigade Komposit itu jumlahnya 1.212 (personel),” kata Agus di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (6/6).

Ia menjelaskan Batalyon Kesehatan memiliki kemampuan perawatan medis. Kemudian Batalyon Zeni memiliki kemampuan terkait konstruksi, Batalyon Perbekalan mampu membuat dapur umum. Serta Batalyon Support disiapkan untuk membantu pengamanan bagi personel-personel yang bertugas di Gaza.

Selain itu, TNI juga menyiapkan dua kapal rumah sakit dalam misi perdamaian tersebut, yaitu KRI Rajiman dan KRI Suharso. (**)

Advertisement