Mengelar Kegiatan STQ di Tongkuno, Bupati Muna Berharap Pemahahaman dan Pendalaman Alquran Dapat Tumbuh pada Masyarakat Muslim di Muna

Advertisement

Legion-news.com || Muna Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna menggelar Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Ke-29 tingkat kabupaten di Kecamatan Tongkuno, Minggu (26/2). Pembukaan kegiatan STQ berlangsung di Lapangan Manguntara dan di dibuka langsung oleh Bupati Muna, LM Rusman Emba.

Pembukaan STQ ke-29 ini digelar di Lapangan Manguntara, Kec. Tongkuno. Selain Bupati, hadir pula Wakil Bupati Bachrun Labuta, Forkompinda, dua unsur pimpinan DPRD Muna, Wakil Ketua DPRD Muna, dan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Muna.

Dokumentasi : Suasana Pembukaan STQ Muna ke - 29 lapangan Manguntara, Tongkuno (26/02/2023)
Dokumentasi : Suasana Pembukaan STQ Muna Ke-29 di Lapangan Manguntara, Tongkuno (26/02/2023)

Dalam sambutannya, Bupati Muna mengingatkan agar “STQ ini bukan saja sebagai kegiatan rutinitas belajar, namun bagaimana memahamkan dan mendalaman Alquran untuk kita kembangkan sehingga harapan dan cita-cita kita bisa terwujud,” kata Rusman.

Menurutnya, STQ merupakan seremonial tahunan dalam rangka membumikan kitab suci Alquran sebagai pedoman hidup bagi umat Muslim. Lebih dari itu juga untuk menguatkan siar ajaran Islam.

Advertisement

“Pelaksanaan STQ kali ini menjadi paripurna jika terus dilatih mempelajari dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Alquran harus menjadi nafas hidup kita,” ujarnya.

Wakil Bupati Muna, Bachrun Labuta mengatakan, tahun ini merupakan pelaksanaan STQ yang kedua semenjak dirinya menjabat sebagai ketua LPTQ Kabupaten Muna. “STQ kali ini masih mengutamakan siar Islam,” tutur Bachrun.

Lebih jauh, jelas dia, selain menjadi program rutin, STQ ini adalah ajang pemilihan pemuda dan pemudi terbaik untuk mewakili Kabupaten Muna di STQ tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Kita akan bersama-sama memilih putra dan putri Qori dan Qoriah terbaik yang akan mewakili Kabupaten Muna di STQ se-Sulawesi Tenggara. Mudah-mudahan bisa mewakili Sultra di tingkat Nasional,” ujarnya.

Kegiatan STQ ini akan digelar selama sepakan lamanya hingga tanggal 5 Maret 2023.

Advertisement