Sosialisasi KOSABANGSA 2024 di Desa Baruagaia Kepulauan Selayar

FOTO: Dosen Universitas Hasanuddin dan Universitas Pepabri Makassar berkolaborasi melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui program KOSABANGSA di Desa Baruagaia, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.
FOTO: Dosen Universitas Hasanuddin dan Universitas Pepabri Makassar berkolaborasi melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui program KOSABANGSA di Desa Baruagaia, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

LEGIONNEWS.COM – SELAYAR, Dosen Universitas Hasanuddin dan Universitas Pepabri Makassar berkolaborasi melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui program KOSABANGSA di Desa Baruagaia, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Kegiatan itu di danai oleh Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM).

Kegiatan itu sukses atas kemitraan dengan Pemerintah Desa Barugaia, CSR Kalla Holding, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas).

Minggu 29 September 2024 mengangkat tema Penanggulangan Bencana dan Pengembangan Pariwisata.

Advertisement

Kegiatan ini juga bermitra dengan Pemerintah Desa Barugaia, CSR Kalla Holding, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas).

Ketua Pendamping dari Universitas Hasanuddin Makassar, Asmi Citra Malina, S.Pi., M.Agr.,Ph.D dalam sambutan dan arahannya mengatakan bahwa Program KOSABANGSA 2024 ini hadir untuk memberikan langkah solusi kepada masyarakat atas permasalahan Kebencanaan dan Pariwisata yang terjadi di Desa Baruagaia.

Selain itu, Asmi Citra Malina juga menitikberatkan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan keberdayaan Universitas pelaksanaan dan mitra sasaran di Desa Barugaia, guna dapat berakselerasi dalam menghadapi persoalan-persoalan yang dihadapi terkhusus Kebencanaan dan Pariwisata.

Asmawati selaku Sekretaris Desa Barugaia sangat berterima kasih kepada Universitas Hasanuddin dan Universitas Pepabri Makassar yang telah menunjuk Desa Barugaia sebagai Lokasi kegiatan.

“Kami akan senantiasa berkolaborasi kepada Unhas dan Unpepabri dalam menyelesaikan program KOSABANGSA ini,” ujar Asmawati.

Ditempat yang sama, Humaidid Muhaijir, S.SI, M.M dalam sambutan bahwa pihaknya akan melaksanakan beberapa kegiatan di Desa Barugaia. 2 kegiatan besar di wilayah Kebencanaan dan 6 Kegiatan besar di wilayah pariwisata.

“Salah satu kegiatan utama kami yaitu menanam 4000 pohon mangrove dan membuat alat deteksi dini gelombang ekstrim dan angin kencang,” imbuh Humaidid.

Dalam kegiatan KOSABANGSA ini turut pula hadir mitra kerjasama CSR Kalla Holding di wakili Ali Imran, Pemerintahan Desa Barugaia, Kepala Dusun Tulang, Mitra sasaran Pokmaswas dan Pokdarwis, masyarakat desa, dosen dan mahasiswa dari universitas Hasanuddin dan Universitas Pepabri Makassar. (*)

Advertisement