Resmi Dilantik, Sebanyak Enam Orang Anggota Pengawas Pemilu Desa di Kecamatan Tongkuno Selatan, Siap Sukseskan Pemilu

Advertisement

LEGION-NEWS.COM || MUNA – Sebanyak enam orang anggota Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa Se-Kecamatan Tongkuno Seletan, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara resmi dilantik di Aula Kantor Desa Watando (06/02/2023).

Kegiatan ini diawali dengan penyampaian laporan kegiatan yang disampaikannya oleh Wa Ode Herni yang merupakan sekretaris pelaksana kegiatan yang juga sebagai Kepala Sekretariat Panwascam Tongkuno Selatan dan dilanjutkan dengan Pengambilan Sumpah Dan Pelantikan sekaligus pembekalan anggota panitia pengawas pemilu Kelurahan/Desa (PKD).

Dalam kesempatan tersebut Segar Alam selaku Ketua Panwaslu Kecamatan Tongkuno Selatan, menyampaikan ucapan selamat kepada enam anggota panitia pengawas pemilu Kelurahan/Desa ( PKD) Se – Kecamatan Tongkuno Selatan yang baru saja di ambil sumpah dan dilantik.

“Selamat dan sukses bagi PKD terpilih yang telah diambil sumpah, jadilah pengawas sejati yang memiliki integritas dan profesionalitas, peranan PKD ini sangat urgen sebagai ujung tombak pengawasan ditingkat kelurahan atau Desa, ” ujar Segar Alam saat memberikan Kata sambutan dalam acara Pelantikan PKD Se-Kecamatan Tongkuno Selatan.

Advertisement

Saat memberikan sambutan, pemuda yang biasa disapa Egar ini, menyampaikan harapannya agar PKD semakin memperdalam pemahaman terkait tugas, kewajiban dan kewenangan PKD dalam peraturan perundangan. Terutama dalam Undang-Undang No. 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.

Ia menambahkan, agar semua PKD yang baru dilantik ini agar menjaga koordinasi dan membangun komunikasi dengan pihak-pihak terkait, sehingga Pemilu berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Dikatakannya, Fokuslah terhadap pengawasan dan cegah potensi kerawanan pelanggaran dalam setiap tahapan Pilkada. Bangun sinergitas dengan stakeholder, jalin komunikasi dan koordinasi dengan baik, baik dengan aparat pemerintahan setempat, unsur keamanan maupun tokoh masyarakat.

Pada pelantikan tersebut turut hadir, Camat Tongkuno Selatan, Danramil Tongkuno, Polsek Tongkuno, PPK Tongkuno Selatan, tamu undangan serta 6 PKD yang dilantik.

Pasca proses sumpah dan pelantikan PKD Se-Kecamatan Tongkuno Selatan telah selesai, pihak panitia dari Panwaslu Tongkuno Selatan langsung melanjutkan agenda bimtek kepada PKD yang baru dilantik.

Pemberian bimtek ini langsung dipimpin oleh Ketua Panwaslu Tongkuno Selatan, Segar Alam.

Dokumentasi : Proses Bimtek PKD Se-Kecamatan Tongkuno Selatan(6/02/2023)
Dokumentasi : Proses Bimtek PKD Se-Kecamatan Tongkuno Selatan oleh Panwaslu Tongkuno Selatan (6/02/2023)

Berikut ini adalah 6 orang PKD yang telah dilantik dari 6 Kelurahan Se- Kecamatan Tongkuno Selatan : Ruslan (Watondo), Safaridin (Lawama), Wa Nini (Labasa), Sahril (Waale-Ale), Febianty (Lianosa), Etropia Mente (Kulidawa).

Advertisement