Resmi Dilantik, Fijai Banyal Ketum LAM Periode 2024 – 2025

FOTO: Suasana Pengukuhan dan Pelantikan Badan Pengurus Harian Literasi Anak Maluku (L.A.M) periode 2024 - 2025. Sabtu malam (14/7/2024).
FOTO: Suasana Pengukuhan dan Pelantikan Badan Pengurus Harian Literasi Anak Maluku (L.A.M) periode 2024 - 2025. Sabtu malam (14/7/2024).

LEGIONNEWS.COM – MAKASSAR, Pengukuhan dan Pelantikan Badan Pengurus Harian Literasi Anak Maluku (L.A.M) periode 2024 – 2025 resmi dilantik.

Pelantikan berlangsung di aula MAN 2 Makassar pada Sabtu malam (14/7/2024).

Mereka para pengurus yang dilantik ini adalah hasil Musyawarah Besar (Mubes) pada tanggal 1 Mei 2024 lalu.

Dalam pelantikan itu mengambil tema, “Wujudkan semangat ber literasi untuk menciptakan generasi Anak Maluku yang berintelektual dan Berbudaya”.

Advertisement

Fijai Banyal dipercaya mengemban masa bakti 2024-2025 sebagai Ketua Umum LAM, dirinya dikukuhkan dan dilantik bersama para pengurus lainnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut perwakilan dari beberapa organisasi masyarakat seperti BARAK Sulsel, BMI, GBNN Sulsel, FMTI, HMM, PMKKA dan HIPMIN.

Ketua Dewan Pimpinan Organisasi, Johanis Ruatameti  dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan terbentuknya Perahu Besar bernama Literasi Anak Maluku (LAM) bukan karena kuat dan hebat dari para anggotanya.

“Ini bukan soal karena kuat dan hebat dari para anggotanya. Tetapi panggilan hati dan jiwa selaku sesama anak Adat, sesama anak Negeri dan sesama anak Adat,”

Dikatakannya organisasi LAM masih dalam satu Rumpun Bangsa Maluku (Melanesia). Yang dimana bangsa Maluku adalah bangsa yang tidak pernah takut dan tunduk kepada bangsa  manapun.

Dia pun berharap ke depan semakin solid dan kompak mengasah ilmu ke-literasian untuk pengembangan kecakapan dan kemampuan dalam berinteraksi dan bersosialisasi dalam lingkup yang lebih luas dan khususnya di Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Pada kesempatan yang sama, Fijai Banyal, Ketua Umum (Ketum) LAM terpilih mejelaskan LAM dalam menjalankan roda organisasi  selalu berupaya membina hubungan dan komunikasi baik dengan berbagai elemen agar terciptanya kolaborasi dan kemajuan bersama dalam kerangka Sosial dan  Kemanusian.

Kata Fijai, LAM berbasis Intelektual, Ke-literasian, dan menjunjung tinggi adat dan kultur budaya Maluku pada khususnya.

“Di zaman sekarang ini, untuk menghancurkan suatu bangsa ataupun daerah cukup dengan merusak budayanya dan mengaburkan sejarahnya maka dengan muda kehilangan jati diri dan bersiap menuju kemusnahan,” tutur Fijai mahasiswa dari Universitas Megaresky Makassar.

“Sehingga kita semua sebagai generasi Maluku mempunyai kewajiban untuk menjaga dan melestarikan adat dan budaya dari para leluhur,” tambah Ketum LAM itu.

Disela – sela acara pelantikan dan pengukuhan juga ditampilkan pentas seni budaya lokal Maluku.

Para penari yang mayoritas mahasiswa itu menggelar tari tarian seperti tari Katreji, Cendrawasih dan Tari Samrah serta disi dengan puisi.

Pengurus LAM Periode 2024-2025

Badan pengurus Harian  masa Bakti 2024- 2025 adalah:

Dewan Penasehat Organisasi :
1. Yohanis Ruatameti
2. Ismail Fidmas
3. Bastian Wariata

Dewan Pengurus Harian :

1. Ketua : Fijai Bany
2. Sekretaris : Risty Patty
3. Bendahara : Julia N Ratuanik
4. Devisi Literasi : Rika Riyanti
5. Devisi Budaya : Jasran Wali
6. Devisi Kerohanian : Liany Renwarin
7. Devisi Humas : Sultan Darakay
8. Devisi Ekonomi : Boby Jabumona. (**)

Advertisement