Mentan Bertemu Bupati Gowa, Pengamat Politik: Adnan Figur yang Dianggap Kuat

FOTO: Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. (Foto: Humas Gowa)
FOTO: Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. (Foto: Humas Gowa)
Advertisement

LEGIONNEWS.COM – MAKASSAR, Bakal bertemunya Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman yang dijadwalkan Senin ini (17/6) dengan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menjadi perhatian Direktur Profetik Institute, Asratillah.

Menurut Direktur Profetik Institute pertemuan Mentan bersama Bupati Gowa ada dua kemungkinan yang menjadi alasan dibalik akan bertemunya Amran dengan Adnan.

“Alasan pertama, mungkin sekaitan dengan program modernisasi pengelolaan potensi pertanian yang memang akhir-akhir ini digalakkan oleh pak Amran selaku menteri Pertanian RI,” tutur Asratillah kepada awak media. Senin (17/6) malam.

“Alasan kedua, bisa saja ini ada kaitannya dengan semakin mendekatnya pemilihan Gubernur Sulsel,” terang Direktur Profetik Institute.

Advertisement

“Bagaimanapun pertemuan antara Amran dan Adnan akan menimbulkan banyak interpretasi politik di khalayak Sulsel,” imbuh Asratillah.

Dikatakannya, dari beberapa hasil survei sosok Adnan memang memiliki potensi elektoral yang cukup menjanjikan. Selain itu Adnan merepresentasikan gerbong politik di Sulsel yakni klan Yasin Limpo.

“Ditambah lagi secara geopolitik Adnan mewakili daerah gowa dengan jumlah pemilih terbesar,” katanya.

“Siapapun yang ingin menjadi Gubernur Sulsel, tentu tidak akan melewatkan Adnan sebagai salah satu figur yang dianggap kuat untuk menjadi pendamping. Artinya sosok Adnan dianggap akan berkontribusi signifikan terhadap potensi memenangkan pilgub,” tambah Asratillah.

Namun kata Direktur Profetik Institute ini, kepentingan elit politik di tingkat pusat akan mempengaruhi yang bisa memasuki arena pemilihan Gubernur.

“Konstalasi pasca pilpres akan berpengaruh signifikan terhadap koalisi partai dan pasangan kandidat di pilgub nanti,” beber Asratillah.

Untuk diketahui, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dijadwalkan bertemu dengan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan hari Senin ini (17/6).

Hal itu diketahui saat awak media mengkonfirmasikan hal itu ke Mentan Amran saat menghadiri pemotongan hewan kurban ASS Foundation di Gedung Brigade Siaga Bencana BPBD Sulsel, Senin (17/6/2024).

Namun dia memastikan hanya silaturahmi biasa. Kaka dari Andi Sudirman Sulaiman itu pun enggan membeberkan lebih jauh isi pertemuan itu nantinya.

Apakah nantinya ada pembahasan terkait Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel khususnya. Bakal berpaket pasangan Andi Sudirman dengan Adnan Purichta Ichsan. (LN)

Advertisement