Komandan Koops Habema: TNI Pembelot Tewas Tertembak Distrik Bibida

FOTO: Kolase Kiri Danis Murib saat masih berdinas di TNI AD dan FOTO Kanan saat Danis Murib bergabung dengan kelompok OPM
FOTO: Kolase Kiri Danis Murib saat masih berdinas di TNI AD dan FOTO Kanan saat Danis Murib bergabung dengan kelompok OPM
Advertisement

LEGIONNEWS.COM – PAPUA, Usai pembakaran warga sipil yang dilakukan kelompok OPM pimpinan Undius Kogoya. Panglima Komando Gabungan Wilayah III, Letnan Jenderal Richard Tampubolon memerintahkan pasukannya untuk melakukan operasi pengejaran terhadap kelompok bersenjata tersebut.

Beberapa waktu lalu usai menembak dan membakar warga sipil atasnama Rusdi yang merupakan warga asal kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Kelompok Undius Kogoya dikabarkan melarikan diri menuju Distrik Bibida, yang lokasinya bersebelahan dengan Distrik Paniai.

“Operasi pengejaran menembak dua orang KKB, salah satunya terkonfirmasi beridentitas Danis Murib pasca kontak tembak,” ujar Komandan Satgas Media Koops Habema, Letnan Kolonel Yogi Nugroho dalam keterangan tertulis pada Senin, 17 Juni 2024.

Dia mengatakan, Danis Murib adalah pembelot atau desertir TNI. Danis berpangkat prajurit dua dan termasuk sebagai anggota Satgas Yonif 527/Baladibya Yudha Kodam V/Brawijaya.

Advertisement

Yogi mengungkapkan, Danis Murib sebenarnya tengah melaksanakan tugas operasi militer di Papua.

Namun, Danis Murib kabur dari tugas.

“Dia meninggalkan Pos Moanemani Baru di Distrik Kamu, Dogiyai, Papua Tengah, pada 14 April 2024,” ujar Yogi.

Yogi mengklaim, tertembaknya pembelot serta seorang anggota kelompok bersenjata oleh prajurit TNI setidaknya mengurangi kekuatan kelompok tersebut.

Ia mengatakan, operasi pengejaran ini berdampak positif untuk menjaga stabilitas keamanan.

Operasi pengejaran terhadap kelompok bersenjata pimpinan Undius Kogoya ini diperintahkan oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah III, Letnan Jenderal Richard Tampubolon.

Satuan yang ditugaskan di antaranya Panglima Komandan Operasi TNI Habema, Komandan Komando Pelaksanaan Operasi, dan Komandan Pasukan Nanggala Kopassus.

TNI, kata Yogi, juga merebut wilayah Distrik Bibida sejak Jumat, 14 Juni 2024 dari penguasaan kelompok bersenjata di Papua. TNI mendapatkan dukungan dari tokoh masyarakat setempat untuk melanjutkan operasi pengejaran dan penindakan terhadap kelompok bersenjata tersebut. (**)

Advertisement