Kabar Duka, Miyono Pakde Jokowi Dikabarkan Tutup Usia

Ilustrasi Kedukaan
Ilustrasi Kedukaan

LEGION NEWS.COM – Kabar duka menyelimuti keluarga besar Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Salah satu kerabat Presiden yaitu kakak laki-laki dari ibunda (Pakde) Presiden.

Pakde Jokowi yang bernama Miyono itu meninggal dunia minggu malam ini.

Miyono adalah kakak kandung dari almarhumah ibunda Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo.

Miyono yang juga eyang dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tinggal di Jalan Ahmad Yani, Manahan, Banjarsari, Solo.

Advertisement

BACA JUGA: KPU Luncurkan Aplikasi Mobile Lindungi Hakmu Cek Data Kamu

Lurah Manahan, Jarno, membenarkan kabar tersebut.

“Iya benar, meninggal sekitar pukul 19.30 WIB,” kata Jarno kepada wartawan, Minggu (27/2/2022).

Informasi yang dihimpun, Miyono sudah mengalami sakit sejak beberapa bulan terakhir. Presiden Jokowi diketahui sempat mengunjungi rumah Miyono Sabtu kemarin.

Rumah duka saat ini sudah cukup ramai didatangi kerabat dan warga. Aparat kepolisian juga sudah terlihat berjaga.

BACA JUGA: Viral Video Lantunan Adzan Disertai Gonggongan Anjing, Guntur Romli dan Ketum BMI Kecam Gus Nur

Dilansir dari Tempo.Co Presiden Joko Widodo bakal bertolak ke Solo, Jawa Tengah dari Jakarta Ahad malam ini, 27 Februari 2022. Hal itu dilakukan Jokowi untuk melayat pamannya, Miyono Suryo Sardjono, 82 tahun, yang meninggal dunia.

“Kemungkinan besar begitu (Jokowi terbang ke Solo malam ini),” ujar Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Wandy Tuturoong saat dihubungi Tempo, Ahad, 27 Februari 2022.

Wandy menuturkan Miyono tutup usia pada pukul 19.50 WIB. Almarhum dinyatakan meninggal karena sakit non Covid-19. “Rencana pemakaman menunggu keluarga,” kata Wandy.

Dalam laporan Majalah Tempo Edisi 30 Juni 2014, dijelaskan sosok Miyono bagi Jokowi adalah orang penting di balik perjalanan hidupnya-setelah ayah bundanya. Miyono abang kandung ibunda Jokowi. Mereka punya satu adik kandung, Setyawan Prasetya. Tiga bersaudara ini anak pasangan Wirorejo-Sani, pedagang kayu di Solo asal Giriroto, Ngemplak, Boyolali. Miyono adalah bos perusahaan mebel Roda Jati, yang tersohor di Solo dan sekitarnya.

Peran Miyono dalam perjalanan hidup Jokowi juga diungkapkan ibunda Jokowi, Sujiatmi. Kedekatan Jokowi dengan Miyono bermula bahkan sejak Jokowi baru lahir. Jokowi kecil tinggal di sebuah rumah kontrakan di Kampung Srambatan bersama orang tua beserta kakeknya.

Pada saat itu, Miyono memiliki rumah bersebelahan dengan kediaman Jokowi. Kebetulan anak sulung Miyono, Triyono Budi Warsito, sebaya dengan Jokowi. Miyono punya enam anak.

Dalam karier politik Jokowi, Miyonolah yang pertama kali bisa menjalin komunikasi dengan F.X. Hadi Rudyatmo, Ketua Dewan Pengurus Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan mengenalkan dengan keponakannya itu. Berkat perkenalan itu, disepakati Jokowi maju sebagai calon wali kota, berpasangan dengan Rudyatmo. “Ya, saya dikenalkan kepada Jokowi melalui Pak Miyono,” ucap Rudyatmo.

Pada masa kampanye, PDIP membentuk tim sukses yang bertugas menjalankan mesin partai untuk memenangi pemilihan. Adapun keluarga besar Jokowi, bersama para pengusaha mebel, membentuk tim sukses sendiri yang tetap menjalin koordinasi dengan partai. Tim sukses pasangan ini berkantor di gedung Grha Sabha, Solo, milik Jokowi.

Dalam pemilihan itu, Jokowi -Rudyatmo meraih kemenangan dengan perolehan suara 38 persen. Pasangan ini menyingkirkan tiga pasangan calon wali kota-wakil wali kota lain. Satu di antaranya pasangan inkumben Slamet Suryanto-Hengky Narto Sabdo. (Sumber: Detik/Tempo)

Advertisement