Fanta Maritim Prabowo-Gibran Ajak Pekerja Pelabuhan Di Balikpapan Songsong IKN

BALIKPAPAN – Fanta Maritim menyelenggarakan kegiatan “Menjala Asa Maritim” bersama Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), di kantor Karya Samudera Sakti Pelabuhan Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Jumat (13/09).

Acara ini dihadiri oleh Makbul Ramadhani Koordinator Fanta Maritim, Wakil Sekretaris Koperasi TKBM Karya Samudera Pelabuhan Balikpapan, serta anggota TKBM.

Koordinator Fanta Maritim, Makbul Ramadhani, menjelaskan bahwa pada bulan Mei lalu, pihaknya meluncurkan kegiatan “Menjala Asa Maritim” guna berdiskusi dengan para pemangku kepentingan maritim.

“Diskusi ini bertujuan untuk memberikan kontribusi pemikiran dalam kebijakan maritim yang akan diserahkan kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Bapak Prabowo Subianto dan Mas Gibran Rakabuming Raka, bersama Komandan TKN Fanta, Arief Rosyid Hasan,” terang Makbul Rahmadani dalam keterangan persnya ke wartawan.

Advertisement

“Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) memiliki peran penting dalam kelancaran sistem logistik nasional. Khususnya Pelabuhan Balikpapan, yang merupakan penyangga logistik laut Ibu Kota Nusantara (IKN),” tambahnya.

Makbul, yang juga merupakan Direktur Maritim Research Institute (Marin Nusantara), menegaskan komitmen Bapak Prabowo Subianto untuk melanjutkan program dan kebijakan Presiden Jokowidodo termasuk kebijakan maritim, guna memastikan sektor maritim Indonesia terus berkembang dan berkontribusi pada kemajuan ekonomi nasional.

Di tempat yang sama, Nurdiansyah, Wakil Sekretaris Koperasi TKBM Karya Samudera Sakti, mengungkapkan bahwa pihaknya telah memberikan naskah pemikiran kepada Fanta Maritim mengenai pentingnya TKBM yang profesional, mandiri, dan berkelanjutan.

“Profesionalisme sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan bongkar muat di pelabuhan. Oleh karena itu, pelatihan dan pengembangan sesuai standar harus terus dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme TKBM. Kemandirian koperasi juga sangat penting untuk memastikan koperasi yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan TKBM,” ungkap Nurdiansyah.

Nurdiansyah menutup pernyataannya dengan harapan bahwa profesionalisme dan kemandirian TKBM dapat mendukung keberlanjutan eksistensi mereka serta membutuhkan dukungan kebijakan dari pemerintah.

Diketahui, Fanta Maritim merupakan bagian dari klaster TKN Fanta Prabowo-Gibran.(**)

Advertisement