Dua Istri Wali Kota di Sulsel Nyalon di Pilkada

FOTO: Kolase Indira Yusuf Ismail dan Erna Rasyid Pawe bakal calon wali kota Makassar dan Parepare
FOTO: Kolase Indira Yusuf Ismail dan Erna Rasyid Pawe bakal calon wali kota Makassar dan Parepare
Advertisement

LEGIONNEWS.COM – MAKASSAR, Indira Yusuf Ismail dan Erna Rasyid Pawe dipastikan maju sebagai bakal calon wali kota di provinsi sulawesi selatan.

Indira Yusuf Ismail adalah istri dari Wali kota Makassar dua periode Moh Ramdhan Pomanto atau Danny Pomanto. Sedangkan Erna Rasyid Pawe adalah istri dari mantan Wali kota Parepare HM Taufan Pawe.

Kedua sosok perempuan ini masing masing-masing memiliki kekuatan jejaring pemenangan.

Erna Rasyid Pawe misalnya. Dia Ketua DPD II Partai Golkar Kota Parepare dapat menggerakkan mesin partai dan loyalis Taufan Pawe.

Advertisement

Sedangkan Indira Yusuf Ismail bukan seorang pengurus partai politik seperti Erna. Istri dari Danny Pomanto punya jejaring pemenangan loyalis sang suami.

Apakah Indira Yusuf Ismail dan Erna Rasyid Pawe mampu memenangkan pertarungan politik di pemilihan kepala daerah (Pilkada) di 27 November 2024 mendatang.

Ini pendapat Direktur Lembaga Riset dan Konsultan Politik, Nurani Strategic, Dr. H. Nurmal Idrus. Dikatakannya dari kedua sosok istri Wali Kota Makassar dan Parepare berpotensi terpilih adalah Indira Yusuf Ismail.

“Ada hal berbeda terkait dengan peluang keduanya karena posisi yang berbeda. Erna Taufan menurut saya lebih kecil peluangnya,” ujar Nurmal.

Adapun alasan Direktur Lembaga Riset dan Konsultan Politik, Nurani Strategic ini faktor dukungan struktural Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Parepare dipastikan tak akan maksimal. Penyebabnya saat ini Taufan Pawe tak menjabat lagi sebagai Wali kota.

“Tak ada faktor dukungan struktural ASN di Parepare dipastikan tak akan maksimal lagi, karena sudah bukan lagi walikota,” imbuh Direktur Lembaga Riset dan Konsultan Politik, Nurani Strategic ini.

Menurut Nurmal, justru Indira punya peluang besar ketimbang Erna. Posisi Danny Pomanto hingga pelaksanaan pemilihan masih sebagai Wali kota Makassar.

“Sementara peluang Indira jauh lebih terbuka karena posisi politik suaminya, Dani Pomanto masih tetap masih wali kota Makassar,” tutur Nurmal.

Untuk diketahui dari rilis lembaga survei nama Indira Yusuf Ismail selalu berada diurutan dua besar.

Terbaru Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Makassar mengeluarkan hasil survei internalnya yang diumumkan di Swiss-Belinn Panakkukang pada Senin, 24 Juni 2024 malam.

Nama Indira Yusuf Ismail terpotret dari hasil survei PKS itu. Elektabilitas Indira dalam rentang waktu beberapa bulan kedepan bisa mengalahkan Ketua DPD II Golkar Makassar Munafri Arifuddin atau APPI.

Matrix hasil riset internal PKS, antara popularitas serta elektabilitas Appi dan Indira tidak begitu jauh, terpaut sedikit.

Sehingga dipastikan, hanya Indira bisa lawan kuat Appi di Pilwali Makassar 2024.

Diketahui, dari hasil survei tersebut, tingkat Elektabilitas (keterpilihan) Calon Wali Kota Makassar 2024 Munafri Arifuddin 36,5 persen, Indira Yusuf Ismail 9,8 persen.

Erna Rasyid Pawe sendiri hingga saat ini belum terpublikasi perolehan elektabilitas di pemilihan wali kota Parepare. (LN)

Advertisement