Dihadapan Warga Asal Sulsel, Nikolaus Kondomo Ungkap Pelajaran Berharga dari Pedagang Asal Bugis Makassar

FOTO: Bakal calon gubernur, Nikolaus Kondomo, hadiri undangan dari keluarga besar masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel) yang berada di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan. Jumat (7/6) yang lalu.
FOTO: Bakal calon gubernur, Nikolaus Kondomo, hadiri undangan dari keluarga besar masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel) yang berada di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan. Jumat (7/6) yang lalu.
Advertisement

LEGIONNEWS.COM – MERAUKE, Bakal calon gubernur, Nikolaus Kondomo, hadiri undangan dari keluarga besar masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel) yang berada di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan. Jumat (7/6) yang lalu.

Bagi Nikolaus kedekatan dirinya dengan warga Merauke asal Sulsel itu bukan hal baru.

Diungkapkannya, Sekitar tahun 1980an saat dirinya masih di bangku sekolah sering berinteraksi dengan para pedagang asal Sulawesi Selatan yang melintasi kali Digoel.

“Saya dengan warga di kabupaten Merauke dan warga asal Sulawesi Selatan yang mendiami kali Digoel sering berinteraksi dengan mereka,” ujar mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Papua itu mengisahkan perjalan hidupnya.

Advertisement

“Dan tentunya kesuksesan karir saya hari ini pernah di yudikatif dan dipercayakan menjadi kepala pemerintahan (Penjabat Gubernur) tak terlepas dari nasehat dan pelajaran penting dari para pedagang asal Sulsel yang gigih mencari rezeki,” tutur Doktor Physkologi ini menambahkan.

“Dari mereka mereka ini orang tua kita asal Bugis Makassar, banyak hal yang saya dapatkan dari mereka,” imbuh mantan Penjabat Gubernur Papua Tengah ini

Perjalan panjang Nikolaus Kondomo SH.,MH.,Ph.D dalam menempuh pendidikan dasar hingga perguruan tinggi dan pada puncak karirnya di pemerintahan membuat warga Merauke asal Sulawesi Selatan pun terharu.

Bagi masyarakat Sulsel di Papua Selatan sangat mengenal sosok Nikolaus Kondomo. Tidak hanya warga asal Sulawesi Selatan, Warga perantauan lainnya di kota Rusa itupun sangat mengena sosok Nikolaus Kondomo yang bijaksana dan sangat rendah hati.

“Bapa Nikolaus yang kami kenal sangat merakyat disemua lapisan masyakat,” ujar salah satu warga Merauke asal Sulsel ini.

Dikatakannya Nikolaus maju sebagai calon gubernur hanya ingin membangun papua dengan hati yang tulus.

“Saya pikir sosok seperti Bapa Nikolaus ini layak memimpin provinsi baru di Timur Indonesia ini. Dan tentunya saya berharap, secara pribadi tentunya masyarakat asal Sulawesi Selatan serta warga perantauan lainnya yang mendiami provinsi Papua Selatan sekitarnya dapat mendukung beliau di pemilihan kepala daerah mendatang nanti,” tutur warga Sulsel ini. (Nuel)

Advertisement